Mengenal Keunggulan yang Dimiliki Air Terjun Bidadari Sentul

air terjun bidadari sentul

sumber foto: Aryani Leksonowati

 

Tidak jauh dari hiruk pikuk kota Jakarta dan sekitarnya, ada tempat yang bisa dikunjungi untuk menikmati udara segar pegunungan dan pemandangan di air terjun bidadari Sentul yang juga merupakan sumber air dari hutan-hutan yang terlindungi. Keberadaan dari air terjun yang ada di Bogor ini mulai banyak diketahui. Ada yang menyebutkan bahwa tempat ini memiliki hubungan dengan dongeng dimana ada 7 bidadari yang membersihkan diri di kolam di tempat jatuhnya air.

 

Saat ini, air terjun ini masuk ke dalam bagia dari Taman Nirwana Sentul dan pada tahun 2012 lalu baru dibuka dan jika awalnya tempat ini merupakan tempat wisata alam yang tidak ada yang mengurusnya tetapi kini air terjun ini sudah menjadi lokasi kunjungan wisatawan. Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun Bojongkoneng karena lokasinya yang berada di desa bernama Bojongkoneng, yang masih dalam lingkup daerah kota Sentul. Selain berfungsi sebagai tempat wisata alami, tempat ini juga sudah direnovasi menjadi taman bermain yang diharapkan para pengunjung bisa dengan nyaman menikmati waktunya di tempat ini.

 

Di bawah kolam renang, terdapat 2 batu raksasa yang bernama meteorit. Batu ini dilindungi oleh campuran dari batu alami dan aspal yang membuatnya terasa bagaikan bagian bawah dari meteor. Tedapat kolam renang raksasa yang diciptakan untuk menjadi tempat bermain pengunjung. Kolam renang ini secara langsung berada di bawah air terjun yang memiliki ukuran lebar 1.5 meter dengan kedalaman sebesar 50 centimeter, dengan kolam renang raksasa ini disiapkan untuk terasa bagaikan berada di pantai.

 

Sebagai tambahan, ada juga kolam renang mini yang dipisahkan oleh meteorit dan pasir yang didatangkan langsung dari Bangka. Kolam renang mini ini cukup aman untuk anak-anak dan keluarga bermain. Tempat ini juga memiliki sejumlah kolam lain yang memiliki tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Atau pengunjung juga bisa menikmati atmosfir sejuk bagaikan ketika sedang mendirikan tenda di pantai dengan kolam renang yang ada di air terjun ini. 

 

Akses untuk mencapai tempat wisata ini cukup mudah diakses, dari arah kota Jakarta dan Bogor. Jika datang dari kota hujan, wisatawan perlu masuk melalui jalan tol kota Sentul. Sedangkan jika datang dari kota Metropolitan maka masuk dan keluar dari tol Jagorawi atau Kota Sentul Sentul. Salah satu alasan kenapa air terjun bidadari Sentul mulai banyak dikunjungi adalah karena tiket masuknya yang terjangkau yakni Rp.15.000 untuk hari kerja, Rp.20.000 untuk akhir pekan dan Rp.25.000 untuk hari libur nasional. Tempat ini menjadi tempat wisata alternatif yang menarik di sekitar kawasan ibu kota, yang memiliki atmosfir alami dan cocok untuk yang ingin keluar dari keramaian kota Jakarta.

 

Dapatkan lokasi menarik lainnya seperti air terjun bidadari Sentul di Super Adventure.

Write a comment

Comments: 15