Kebun Raya Bogor Menjadi Pilihan Tempat Wisata di Bogor Dekat Stasiun

tempat wisata di bogor dekat stasiun

sumber foto: thepackerlodge

 

Kota Jakarta dan Bogor dipisahkan dalam jarak hanya 60 kilometer sebelah selatan, dengan lamanya perjalanan yang sekitar 1 jam maka pilihan tempat wisata di Bogor dekat stasiun menjadi yang dicari ketika ingin melakukan liburan singkat. Kota yang dahulu dikenal dengan sebutan Buitenzorg ini memiliki sejumlah tempat yang layak dikunjungi. Salah satu pilihan tempat wisata yang berada dekat dengan stasiun Bogor adalah Kebun Raya Bogor.

 

Tempat ini memiliki Istana Presiden yang mengagumkan di bagian depan dan Gunung Salak yang menjulang sebagai latar belakangnya. Kebun raya ini di dalamnya terdapat lebih dari 400 spesies dari pohon palem, 5.000 pohon yang dikumpulkan dari kawasan tropis dunia dan terdapat rumah anggrek yang di dalamnya memiliki 3.000 jenis keragaman. Dalam catatan rekor menunjukkan bahwa Kebun Raya Bogor mempunyai 3.504 spesies tumbuhan, 1.273 marga dalam 199 keluarga.

 

Kebun ini disebutkan telah dimulai berdiri oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang antara 1811 hingga 1816, menjadi Gubernur Umum dari Hindia Timur selama kekuasaan sementara Britania Raya sepanjang kepulauan ini. Dengan bantuan dari botanikus dari London bernama Kew Gardens, Sir Thomas Raffles pertama kali mendirikan taman kecil. Namun kebun ini secara resmi didirikan oleh orang Belanda di tahun 1817, dibawah kepepimpinan dari CGC Reinwardt. Sebuah kenang-kenangan untuk istri Sir Thomas masih bisa ditemukan di kebun ini.

 

Kebun milik Bogor ini kini berfungsi sebagai sebuah mantan tempat pelindungan, sebuah tempat penelitian pusat untuk pemanfaatan taksonomi dan tanaman. Dalam ilmu perkebunan, Kebun Raya ini mempelajari adaptasi, menanam, dan perambatan tanaman dan ilmu pengembangan dari pertumbuhan tanaman. Kebun yang dibangun oleh Sir Stamford Raffles, dahulu menjadi tempat sejarah dimana 5 pemimpin Asia dari India, Pakistan, Sri Langka, Burma dan Indonesia, mengadakan pertemuan persiapan untuk menentukan dari pengadaan Konfrensi Asia-Afrika pertama di Bandung pada bulan April tahun 1955. Pertemuan ini juga dikenal dengan sebutan Konferensi Bogor 1954.

 

Kota Bogor sendiri merupakan kota menyenangkan yang telah tumbuh di sekitar kebun ini. Di sini terdapat Universitas Pertanian Indonesia dan Museum Zoologi, dimana ditampilkan replika badak terakhir yang ditemukan di dataran tinggi Bandung. Selain kebun rayanya sendiri, di dalamnya terdapat juga Istana Presiden yang dahulu dibuat oleh Gubernur Umum van Imhoff dan menjadi tempat tinggal dari Sir Stamford Raffles ketika ia sedang menguasai kepulauan. Setelah itu, di bulan Desember tahun 1954, istana ini menjadi tempat sejarah diadakannya pertemuan. 

 

Kebun Raya Bogor yang merupakan tempat wisata di Bogor dekat stasiun ditata di tengah-tengah rumput terawat dimana ratusan rusa bertotol berkeliaran. Di dekat pintu masuk dari kebun, dimana Museum Zoologi bisa ditemukan. Museum ini memiliki koleksi dari sekitar 300.000 spesies khas dari mahkluk darat dan laut di seluruh Indonesia. Ditampilkan juga tengkorak dari paus biru, badak yang terakhir ditemukan di dataran tinggi bandung dan ikan raja laut atau fosil hidup ikan yang ditemukan di Sulawesi Utara.

 

Ketahui pilihan lainnya dari tempat wisata di Bogor dekat stasiun lewat Yuk Pegi.

Write a comment

Comments: 2