Penjelasan Tentang Fungsi Hati Manusia dan Penyakitnya

fungsi hati manusia

sumber foto: dietdoctor

 

Sebagai organ terbesar kedua setelah kulit, fungsi hati manusia merupakan hal yang perlu diketahui karena perannya yang penting. Hati merupakan organ kelenjar perut yang berada di sistem pencernaan. Letaknya berada di kuadran kanan atas dari perut, di bawah dari diafragma. Hati ini merupakan organ yang fital yang mendukung hampir semua organ lainnya hingga beberapa kapasitas. Berat dari hati manusia adalah sekitar 1.4 kilogram dan memiliki 4 lobus, dengan permukaan yang sangat lembut, berwarna cokelat agak sedikit merah hati. Organ ini mengandung sejumlah seluran empedu.

 

Disebutkan bahwa hati memiliki peran yang rumit dalam fungsi tubuh. Detoksifikasi, metabolisme (termasuki mengatur penyimpanan glikogen), mengatur hormon, sintesis protein, pencernaan, dan penguraian sel darah merah, adalah sebagian kecil dari fungsi organ ini. Selain itu, hati juga memproduksi empedu, sebuah zat kimia yang memecahkan lemak dan membuatnya lebih mudah untuk dicerna. Hati juga memproduksi dan mensistensis dalam menggandakan elemen penting dari plasma dan menyimpan beberapa nutrisi sangat penting, seperti vitamin (khususnya vitamin A,D,E,K,B-12) dan zat besi. Organ ini juga menyimpan glukosa gula sederhana dan mengubahnya menjadi glukosa yang bisa digunakan jika tingkat gula darah menurun.

 

Salah satu peran yang paling terkenal dari hati adalah sebagai sebuah sistem detoksifikasi. Organ ini bisa menghilangkan zat racun dari darah, seperti alkohol dan obat-obatan terlarang. Hati juga bisa memecahkan hemoglobin, insulin dan hormon yang berlebihan untuk menjaga tingkat hormon dalam kondisi yang seimbang. Tambahannya adalah organ ini bisa menghancurkan sel darah lama. Hati memiliki peran yang sangat penting untuk fungsi metabolik yang sehat. Dengan hati mampu memetabolisme karbohidrat, lipid dan protein menjadi zat yang beguna, seperti glukosa, kolesterol, fosfolipid, dan lipoprotein yang digunakan dalam beragam sel di seluruh bagian tubuh. 

 

Hati memiliki fungsi lain yakni mampu menghancurkan bagian yang tidak berguna dari protein dan mengubahnya menjadi amonia, dan lama-kelamaan menjadi urea. Meskipun beberapa penyakit hati merupakan penyakit turunan atau genetik, tetapi ada penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus atau racun, seperti obat-obatan terlarang, racun, dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Beberapa faktor yang beresiko terhadap organ ini adalah obat-obatan terlarang atau konsumsi alkhol yang berlebihan, dengan menjalani transfusi darah sebelum 1992, tingkat tinggi dari trigliserida di darah, diabetes, obesitas dan terkena darah orang lain dan cairan tubuh. Hal ini bisa terjadi dari penggunaan jarum obat-obatan terlarang yang digunakan bersama-sama, jarum untuk tato atau tindik tubuh yang tidak jernih dan hubungan intim yang tidak menggunakan pelindung.

 

Salah satu gejala dari penyakit buruknya fungsi hati manusia adalah penyakit kuning, dimana kulit dan mata terlihat berwarna kuning. Gejala lain yang dialamin oleh organ ini antara lain pembengkakan dan sakit perut, kulit yang terus-menerus terasa gatal, cairan buang air kecil yang gelap, kotoran yang terlihat pucat, kotoran yang berdarah atau berwarna hitam, kelelahan, dengan mudah mengalami luka, mual dan tidak ada nafsu makan.

 

Temukan cara untuk memperbaiki fungsi hati manusia di brandswolrd.co.id.

Write a comment

Comments: 4