Menyimak Penyebab Perut Buncit Pada Wanita

perut buncit pada wanita

sumber foto: chicagotribune

 

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa perut buncit pada wanita sering disebabkan oleh peningkatan mendadak dalam serat dari sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Jika ini merupakan alasan kenapa perut menjadi buncit, maka seorang wanita perlu mengurangi konsumsi makanan tersebut dan memperkenalkan mereka kembali lebih perlahan ke dalam porsi makanan. Sebagai cara lain adalah dengan dengan gigih menghindari makanan tersebut maka perasaan perut buncit akan menghilag dalam beberapa hari.

 

Penyebab paling sering dari perut buncit yang kronis adalah proses pencernaan yang tidak rutin yang menghasilkan gas dalam tingkat yang lebih tinggi dari biasannya. Penyebab lainnya antara lain, ketegangan sebelum menstruasi, gejala ini cenderung akan menghilang atau menjadi lebih baik ketika pendarahan mulai, pil kontrasepsi, kebanyakan konsumsi alkohol, garam atau makanan olahan dalam porsi makanan, bahkan jumlah yang sedikit dari kelebihan natrium bisa menyebabkan kebuncitan, terlalu sedikitnya protein dalam porsi makanan.

 

Dokter percaya bahwa kebuncitan biasannya merupakan hasil dari gangguan usus, seperti sindrom iritasi usus besar. Penyebab dari sindrom ini masih belum diketahui, tetapi mungkin melibatkan gerakan yang tidak biasa dan kontraksi dari otot usus dan meningkatnya sensitivitas di usus. Gangguan ini mungkin memberikan sebuah sensasi kebuncitan karena adanya peningkatan sensitivitas pada gas. Minuman soda bisa meningkatkan kebuncitan karena karbon dioksida yang terbungkus di busa menciptakan gas, yang melambatkan pengosongan perut. 

 

Konsumsi air, banyak wanita percaya bahwa meminum banyak air akan memberikan mereka otot perut yang kembung, tetapi hanya kebalikannya yang benar. Meskipun air dihubungkan dengan kebuncitan tetapi meminum banyak air bisa membantu untuk melenyapkan sodium di tubuh, yang bisa mengurangi kebuncitan. Intoleransi laktosa, kadang perut tidak bisa mencerna laktosa atau susu gula dalam makanan olahan yang menyebabkan terjadinya kebuncitan.

 

Alergi makanan bisa menyebabkan perut menjadi membengkak juga. Tetapi ini merupakan reaksi dari sistem imunisasi yang berhubungan dengan seluruh tubuh dan biasannya adalah gatal-gatal dan hidung berair yang menjadi gejala yang lebih menonjol. Penyakit apa pun yang menyebabkan peradangan atau halangan usus, seperti penyakit Crohn atau kanker usus besar bisa menyebabkan perut buncit pada wanita. Sebagai tambahan, orang yang telah menjalani banyak operasi, perlengketan (jaringan perut), atau hernia internal mungkin pernah mengalami kebuncitan atau kesakitan.

 

Kenapa perut buncit bisa terjadi? Pencernaan merupakan rangkaian dari reaksi kimia yang memecahkan makanan ke dalam sejumlah komponen yang menghasilkan tenaga dan nutrisi. Bahan yang menjadi sisa menjadi limbah dan dikirimkan ke organ bawah ke saluran usus untuk dielimininasi. Beberapa dari produk limbah tersebut merupakan gas tidak berbau dan dalam jumlah yang di bawah normal yang diatur dengan mudah oleh elastisitas kanal usus. Yang dimana volume kecil dari metana, oksigen dan nitrogen tidak merenggang lebih dari dinding usus dan melewatiny tanpa rasa sakit, yang dikenal dengan sebutan perut kembung, yang pernah dirasakan sebagai bagian yang normal dari pencernaan.

 

Perbanyak pengetahuan mengenai perut buncit pada wanita di Diasweet.

Write a comment

Comments: 1
  • #1

    Obat Jantung Koroner (Friday, 12 February 2016 19:56)

    informasi yang sangat bagus untuk cara atasi perut buncit.