4 Pilihan Sistem Operasi Komputer Lainnya yang Bisa Dipasang

sistem operasi komputer

sumber foto: howtogeek

 

Linux bukanlah satu-satunya alternatif sistem operasi komputer yang tersedia. Ada beberapa alternatif sistem operasi lainnya yang dikembangkan oleh perusahaan besar, dengan sebagian lainnya merupakan proyek kecil yang dikerjakan sebagai hobi. Tidak semua sistem operasi yang disebutkan di bawah ini perlu dipasang, dengan tujuan awalnya adalah sebagai informasi pemberitahuan saja, tetapi jika ingin mencobanya, disarankan untuk memasang program virtual machine terlebih dahulu.

 

Linux, FreeBSD dan lainnya menjadi pilihan pertama. Tidak ada daftar sistem operasi alternatif komputer yang lengkap jika tanpa Linus. Ini adalah dasar dari sistem operasi altenatif. Dengan OS ini datang dalam jenis yang berbeda atau yang disebut dengan Linux distribution. Ubuntu dan Mint merupakan yang paling terkenal dan jika ingin memasang sistem operasi yang bukan Windows di laptop dan benar-benar menggunakannya maka Linux merupakan pilihan yang tepat.

 

Linux adalah sistem operasi yang seperti Unix dan ada beberapa sistem operasi open source lainnya seperti FreeBSD. Untuk sistem operasi yang satu ini menggunakan kernel yang berbeda tetapi sistem operasi ini menggunakan banyak perangkat lunak yang sama seperti yang ditemukan dalam Linux distribution biasa. Sehingga pengalaman dalam menggunakan FreeBSD di komputer biasa akan terasa serupa dengan Linux.

 

Chrome OS menjadi pilihan kedua, sistem operasi dari Google ini dibangun dalam Linux kernel, tetapi sistem operasi ini menggantikan perangkat lunak dekstop dan tingkat pengguna dengan dekstrop khusus yang hanya bisa dijalankan dengan menggunakan Chrome Browser dan aplikasi Chrome. Sistem operasi Chrome bukanlah sistem operasi komputer untuk tujuan biasa, melainkan sistem operasi ini dirancang untuk laptop khusus sebelum pemasangan, atau yang disebut sebagai Chromebooks. 

 

Tidak mau kalah dengan Google, Valve juga memiliki sistem operasi tersendiri bernama SteamOS, yang saat ini statusnya masih beta. Secara teknis, sistem operasi ini hanyalah sebuah Linux distribution dan di dalamnya terdapat lebih banyak perangkat lunak dibandingkan Linux biasa. Tetapi, SteamOS sedang diarahkan sebagai sistem operasi baru untuk permainan komputer. Menggunakan dekstop lama Linux di dalamnya, tetapi ketika dinyalakan hingga latar muka Stream muncul diciptakan untuk ruang tengah. Di tahun 2015, pengguna sudah bisa membeli komputer yang memiliki sistem operasi ini, dengan jenis komputer ini bernama Steam Machines.

 

Pilihan sistem operasi alternatif terakhir adalah Android. Sistem operasi ini juga menggunakan Linux kernel tetapi secara penggunaanya, segala hal yang ada di Android sangat berbeda dari Linux distribution biasa. Awalnya sistem operasi ini diciptakan untuk telepon pintar, tetapi kini bisa digunakan untuk laptop Android dan bahkan komputer biasa. Merupakan hal yang tidak mengejutkan bahwa beragam proyek tercipta untuk digunakan untuk Android, bahkan Intel membangun dermaga mereka sendiri untuk Android ke perangkat keras komputer, yang dianggap sebagai sistem operasi yang tidak ideal untuk komputer, karena Android tidak mengizinkan penggunannya untuk membuka berlipat ganda aplikasi dalam satu waktu.

 

Kumpulan informasi menarik lainnya mengenai sistem operasi komputer di Bedah Tekno.

Write a comment

Comments: 3