Persiapan Orang Tua Menghadapi Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan Keatas

perkembangan bayi usia 4 bulan keatas

sumber foto: momjunction

 

Ketika bayi memasuki usia 5 bulan 1 minggu atau yang termasuk ke dalam perkembangan bayi usia 4 bulan keatas, buah hati kini sudah bisa mengetahui dimana datangnya suara dan ia akan mengalihkan perhatiannya dengan cepat terhadap bunyi suara baru. Salah satu cara paling mudah untuk mendorong bayi melatih indra pendengarannya adalah dengan membunyikan rangkaian nada-nada. Lonceng angin merupakan pengalih perhatian si kecil yang bagus juga.

 

Bayi kini sudah bisa mengenali namanya sendiri dan menyadari bahwa orang tua menyebutkan nama tersebut kepadanya ketika diucapkan. Orang tua mungkin menyadari bahwa si kecil akan mengalihkan perhatiannya ketika dipanggil atau berbicara mengenai dirinya kedapa orang lain. Jika orang tua ingin mendorong dan menghibur bayi, yang bisa dilakukan adalah mengajaknya berbicara. Di usia ini, bayi belum bisa belajar bahasa dari TV atau radio, sehingga lebih baik matikan perangkat teknologi tersebut dan lebih memilih menggunakan pembicaraan dialog.

 

Buah hati masih belum bisa mengekspresikan emosinya dalam cara seperti yang dilakukan oleh orang dewasa. Meskipun, si kecil bisa memberitahukan orang tua dengan cara yang cukup jelas ketika saatnya ia sedang marah, bosan atau senang, kemampuannya untuk menunjukkan rasa cinta dan tertawa masih dalam proses perkembangan. Bayi juga bisa menunjukkan kedekatan yang kuat kepada orang tua, ketika ia mengangkat kedua tangannya ketika ia meminta untuk digendong dan dengan akan menangis ketika melihat orangtuanya keluar dari kamar atau ruangan dimana ia berada.

 

Si kecil juga kemungkinan sudah bisa memberikan orang tuannya pelukan dan senyuman. Tidak hanya itu, dalam perkembangan bayi usia 4 bulan ke atas ia juga sudah mulai memahami candaan, ia akan tertawa ketika melihat ekspresi yang lucu dan ia juga akan berusaha untuk membuat orang tuannya tertawa. Ini bisa menjadi tugas orang tua untuk tetap membuat saat bayi sedang mau tertawa terus bertahan dengan mengeluarkan ekspresi-ekspresi wajah yang lucu dan konyol. 

 

Memang sudah menjadi hal yang biasa ketika bayi mengalami demam selama tahun pertamanya, beragam virus yang menyerangnya untuk mengalami demam yang hampir sangat mustahil untuk dihindari. Bahkan, sudah diperkirakan bahwa anak akan menderita deman hingga 8 kali dalam 1 tahun. Virus yang menyebar melalui tetesan udara dan dengan tersentuh oleh benda yang terkontaminasi, seperti gagang pintu dan mainan, Buah hati tidak bisa melawannya dengan mudah karena sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang dengan baik.

 

Belum lagi, dengan kebiasaan si kecil yang terus-menerus menempatkan jari-jarinya di dekat telinga dan mulutnya, memberikan kesempatan untuk virus apa pun untuk mengintai dalam tangannya menjadi bagian yang mudah untuk masuk ke tubuh, dimana bagian ini dijadikan tempat untuk para virus berkumpul. Jika bayi berada dalam kelompok penitipan anak atau memiliki saudara yang lebih tua, ia akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk bertemu dengan beberapa dari ratusan dari kuman demam yang berbeda-beda. Gejala umum dari demam pada bayi termasuk diantaranya adalah bersin-bersin, mata berair, sesak nafas, batuk, hidung tersumbat, rewel dan demam tingkat rendah. Yang dimana gejala-gejala ini biasannya akan bertahan dalam jangka waktu sekitar 1 minggu.

 

Pelajari lebih lanjut mengenai perkembangan bayi usia 4 bulan keatas di Merries.co.id.

Write a comment

Comments: 5
  • #1

    kanker payudara (Sunday, 20 March 2016 21:34)

    We are very interested in the information you present and we are very pleased to be visiting your blog , thank you very much for the information and the success of our greetings

  • #2

    lidi geli (Thursday, 19 May 2016 21:58)

    lidi geli

  • #3

    Cara mudah dan alami mengobati ejakulasi dini (Friday, 29 July 2016 20:46)

    many benefits that we can take from this article

  • #4

    sex telefon 24h (Friday, 13 January 2017 05:34)

    karaoke

  • #5

    tani sex telefon (Tuesday, 17 January 2017 00:05)

    reoreceptor